Supply Chain Service
Solusi Rantai Pasokan Secara Komperehensif & Terintegrasi
Elnusa hadir melalui layanan Supply Chain Management yang mencakup kegiatan Procurement Services dan Logistics Services bagi para pelaku industri sebagai upaya untuk memperoleh barang atau jasa yang merupakan bagian dari rantai suplai sistem operasional tertentu di lingkup PT Elnusa Tbk.
Kegiatan Procurement Services memberi layanan pengadaan dengan Service Level Agreement yang terukur menggunakan Sistem Procure to Pay (P2P) yang terintegrasi dan Paperless bernama SCM Online. Secara khusus procurement memiliki peran dalam proses pemilihan mitra kerja yang tepat, memilih dan mengimplentasikan teknologi yang sesuai, mengelola data item yang dibutuhkan serta master data mitra kerja, dan melakukan proses pembelian termasuk di dalamnya melakukan evaluasi kinerja vendor.
Kegiatan Logistics Services secara khusus memiliki peran dalam proses pengadaan jasa transportasi baik dalam maupun luar negeri. Selain itu juga mencakup pengelolaan warehouse dan inventory, mulai dari permintaan barang, pengelolaan master data material, penerimaan barang, penyimpanan barang, penanganan barang, pengelolaan persediaan, pengeluaran barang/distribusi kepada user, standarisasi warehouse, dan pengelolaan warehouse itu sendiri.
Beberapa inovasi telah dilakukan untuk mendukung Supply Chain Excellence selain SCM Online yang paperless, Procurement Elnusa juga melakukan pengadaan strategic dengan mitra kerja utama dengan penerapan Blanket Order/Outline Agreement/Kontrak Jangka Panjang untuk barang dan jasa yang rutin. Selain itu, untuk mempercepat pengiriman barang tanpa membebani Inventory Value Perusahaan, Elnusa juga menerapkan system Vendor Managed Inventory, dimana Perusahaan menyediakan space gudang bagi para mitra kerja untuk dapat mendekatkan stock persediaan mereka ke end user.