EN / ID
Social and Community Development

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Bidang Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Perseroan berkomitmen untuk melaksanakan program pengembangan sosial dan kemasyarakatan atau community involvement & development (CID) dalam rangka memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Komitmen ini didasari bahwa CID merupakan investasi sosial dan salah satu upaya peningkatan kapasitas masyarakat di sekitar wilayah kerja. Upaya ini kami lakukan sebagai corporate citizenship yang tentunya selaras dengan kinerja ekonomi.

Pergeseran aktivitas industri migas dari hilir ke hulu migas mempengaruhi kinerja ekonomi Perseroan. Namun demikian ditengah pergeseran kondisi yang ada, Perseroan tetap berkomitmen bahwa CID merupakan investasi sosial dan bagian terpadu dalam proses bisnis. Komitmen pelaksanaan CID Perseroan tertuang pada kebijakan Corsec-K.1.3 (Rev.01) yang mengacu pada ISO 26000: Social Responsibility dalam pelaksanaannya dan merupakan bentuk kepatuhan Perseroan terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dalam melaksanakan komitmen CID, kebijakan yang dilaksanakan Perseroan adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan CID harus berlandaskan nilai-nilai dan standar etika Perseroan yang berlaku dengan berprinsip pada akuntabilitas, transparansi, berperilaku etis, menghormati kepentingan para stakeholders, mematuhi hukum yang berlaku, menghormati norma yang berlaku, serta menghormati hak asasi manusia.
  2. Strategi CID harus selaras dengan strategi korporasi baik jangka pendek maupun panjang
  3. CID merupakan bagian dari investasi sosial serta strategi bisnis untuk menjamin keberlanjutan pertumbuhan usaha.

Program dan Kegiatan yang Dilakukan dan Dampaknya

1. Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal dalam Aktivitas Operasi

Pelibatan masyarakat sebagai tenaga kerja lokal bertujuan untuk mendukung kesejahteraan hidup masyarakat di sekitar daerah operasi. Pelibatan diawali dengan pelatihan teknis hingga pelaksanaan pekerjaan dengan tetap memperhatikan aspek QHSSE. Upaya ini merupakan bisnis inklusif yang dilakukan Perseroan di berbagai area operasional. Posisi yang dipekerjakan antara lain: asisten humas, tim pengeboran, tim topografi, signal man, wakar personel, waterline crew dan lain-lain untuk berbagai proyek Perseroan.

2. Pengembangan Komunitas Berkelanjutan

Dalam pengembangan komunitas berkelanjutan, Perseroan terus melanjutkan berbagai aktivitas pengembangan dengan mengacu pada tiga tujuan, yaitu peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan ekonomi lokal, serta peningkatan kualitas layanan kesehatan. Aktivitas pada berbagai bidang adalah sebagai berikut:

a. Bidang Pendidikan dan Sosial

  • Beasiswa Tepadu (BEST)
    Secara Konsisten, Perseroan memberikan Beasiswa Terpadu melalui aktivitas yang dilengkapi dengan pendampingan prestasi pada bidang akademik, pembangunan karakter kepemimpinan serta pembimbing spiritual kepada siswa/ siswi yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Pada tahun 2019, sebanyak 689 siswa/ siswi mendapatkan manfaat dari program ini.
  • Taman Belajar Elnusa (TBE)
    Kegiatan TBE merupakan pendidikan tanpa dipungut biaya yang difasilitasi oleh Perseroan dengan menerapkan sistem pembelajaran berdasarkan gabungan dari beberapa kurikulum terakreditasi secara nasional. Kegiatan ini terdiri dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dalam bentuk TKIT (Taman Kanak- kanak Islam Terpadu), TK Umum Baitul Hikmah Patra, dan TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Pada tahun 2019, lebih dari 1800 anak menerima manfaat dari program ini.
  • Beasiswa Operasi dan Berprestasi
    Program ini merupakan salah satu apresiasi yang diberikan kepada putra/putri berprestasi dari karyawan maupun mitra kerja dalam lingkup Perseroan. Program bersifat rutin. Pada tahun 2019, Perseroan sebanyak 50 putra/putri menerima manfaat dari program ini.
  • Ramadhan di Elnusa
    Kegiatan Ramadhan di Elnusa merupakan salah satu kegiatan preferensi karyawan muslim Perseroan yang diadakan selama sebulan penuh pada bulan suci Ramadhan. Melalui program ini Perseroan berupaya memperbaiki perilaku maupun kinerja karyawan berdasarkan nilai-nilai agama islam. Kegiatan tersebut tentunya bukan hanya terbatas pada edukasi keislaman dalam bentuk pengajian maupun majelis ilmu, namun juga dengan kegiatan lain seperti buka puasa bersama masyarakat di sekitar Graha Elnusa, Sholat tarawih berjamaah dan bahkan berdiam diri (I’tikaf) di Masjid Baitul Hikmah pada sepuluh malam terakhir. Lebih dari 250 orang baik dalam lingkungan perusahaan maupun masyarakat sekitar menerima manfaat program ini tiap tahunnya.
  • Pengembangan Sekolah Mandiri
    Perseroan dan Grup selalu berupaya untuk mendukung dan mengutamakan dunia pendidikan melalui pengembangan sekolah mandiri di berbagai daerah. Bentuk dari dukungan yang dilakukan adalah pengembangan dengan peningkatan kualitas maupun kuantitas dari sarana dan prasarana yang ada.

b. Bidang Ekonomi

  • Tabungan Hikmah Mandiri (THM)
    Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mengadopsi prinsip lembaga keuangan mikro syariah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) untuk meningkatkan kemampuan para pelaku usaha mikro dan kecil di lingkungan sekitar kantor pusat. Program ini diwujudkan dengan memberikan pinjaman modal usaha disertai dengan pendampingan serta pembinaan guna menjadikan para pelaku usaha yang mandiri. Pada 2019, sebanyak 425 pelaku usaha menerima manfaat dari program bergulir ini.
  • Aksi Tebar Hewan Kurban
    Program ini merupakan program rutin tahunan Perseroan yang digelar setiap hari raya islam Idul Adha. Perseroan dan Grup melakukan aksi tebar hewan kurban di berbagai area kerja di seluruh Indonesia. Sebanyak 4479 paket daging hewan kurban didistribusikan ke seluruh Indonesia.
  • Elnusa Berbagi Kasih
    Program dari kegiatan ini merupakan aktivitas kepedulian sosial Perseroan dan Grup yang dilakukan dengan membagikan paket bantuan kepada masyarakat kurang mampu di berbagai area kerja Perseroan. Momen berbagi ini biasanya dilakukan menjelang Idul Fitri, HUT Perseroan maupun Grup, maupun momen lainnya. Penerima manfaat kegiatan ini adalah keluarga dalam kriteria delapan Asnaf. Pada tahun 2019, lebih dari 200 keluarga menerima manfaat dari program ini.

b. Bidang Kesehatan

  • Forum Posyandu
    Perseroan mendukung peningkatan layanan Posyandu dengan memfasilitasi forum pertemuan untuk 14 Posyandu di sekitar kantor pusat. Kegiatan ini merupakan dukungan Perseroan terhadap SDG Nomor 3: Kesehatan yang baik dan kesejahteraan. Total penerima manfaat program ini pada tahun 2019 mencapai lebih dari 23 ribu jiwa meliputi bayi dan lansia.
  • Pos Sehat
    Selain adanya fasilitas layanan posyandu, Perseroan dan Grup juga memfasilitasi layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah sekitar Graha Elnusa dengan Pos Sehat. Adapun aktivitas dari Pos Sehat ini berbeda dengan Posyandu. Aktivitas di Pos Sehat ini berupa pemeriksaan, pengobatan, serta penyuluhan kesehatan lainnya. Sebanyak 40 keluarga menerima manfaat program ini.
  • Donor Darah
    Kegiatan rutin tiga bulanan ini merupakan wujud preferensi dan kepedulian karyawan, penyewa Gedung Graha Elnusa dan masyarakat umum di sekitar Graha Elnusa untuk turut serta berdonor darah dan membantu sesama. Sepanjang tahun 2020 telah terlaksana empat kali aksi donor darah dan berhasil menyalurkan lebih dari 600 kantong darah.
  • Tanggap Darurat atas Bencana Alam
    Perseroan memiliki Emergency Response Team yang bersiap-siaga pada berbagai keadaan darurat. Atas bencana alam yang terjadi di Indonesia, Perseroan langsung mengaktifkan tim ini untuk melakukan berbagai tanggung jawab maupun kepedulian sosial baik pascabencana, maupun saat pemulihan. Lebih dari 13 ribu keluarga mendapatkan bantuan dari kegiatan Perseroan ini.