EN / ID
05 August 2020

SKK Migas dan PHE Berikan Apresiasi Elnusa atas Dukungan Terhadap Survei Seismik KKP Jambi Merang

Jakarta, 5 Agustus 2020 – PT Elnusa Tbk (Elnusa), anak usaha PT Pertamina (Persero), mendapatkan apresiasi dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Pertamina Hulu Energi (PHE) atas dukungannya dalam kegiatan eksplorasi Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di wilayah terbuka Indonesia. Elnusa dengan kapal seismiknya, Elsa Regent mendukung pelaksanaan survei seismik 2D di laut sejak pertengahan November 2019 dan menuntaskan kegiatannya pada Senin (3/8).

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan keberhasilan ini patut menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia karena 100% dilaksanakan oleh putra-putri terbaik bangsa dan dapat diselesaikan kurang dari satu tahun meskipun berada di tengah pandemi COVID-19. “Survei seismik ini menjadi yang terpanjang di Asia Pasifik dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dan Indonesia mampu menyelesaikannya hanya dalam kurun waktu 261 hari,” kata Dwi di Jakarta (5/8).

“Survei seismik ini juga diselesaikan melebihi target yang ditetapkan sebelumnya yaitu 30.000 km atau penyelesaiannya mencapai 103,6% dengan zero accident atau tanpa ada kecelakaan kerja,” ucapnya.

Selanjutnya Dwi menambahkan, “SKK Migas memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh tim yang terlibat atas kerjasama dan kolaborasi yang baik, utamanya kepada Elnusa selaku pelaksana kerja dan khususnya kepada kru kapal Elsa Regent yang telah berhasil melaksanakan tugas mulia ini.”

Sementara itu, Direktur Eksplorasi PHE, Medy Kurniawan juga mengemukakan bahwa survei seismik laut 2D KKP Jambi Merang adalah pelaksanaan perdana di wilayah terbuka. “ Harapannya, Pertamina dapat terus mendukung peningkatan produksi dan cadangan migas nasional terlebih bisa mendapatkan giant discovery.”

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir mengungkapkan “Rampungnya survei ini merupakan kebanggan bagi kami sebagai anak bangsa dalam mendukung penemuan cadangan migas raksasa di Indonesia. Elnusa dengan kompetensi dan pengalaman panjang yang dimiliki akan selalu siap untuk berkontribusi bagi bangsa.”

Elsa Regent merupakan kapal seismik tercanggih kebanggaan Bangsa Indonesia dengan dinakhodai dan diawaki 100% putra-putri Indonesia. Keunggulan Elsa Regent ini dibandingkan dengan kapal seismik berbendera Indonesia lain adalah dilengkapi 12 streamer dengan panjang setiap streamer mencapai 10 km sehingga sangat ideal untuk melakukan pekerjaan survei seismik di area lautan luas dan dalam, mampu menghasilkan gambar 3D seismik bawah permukaan dengan kualitas dan keakuratan yang sangat tinggi, mampu melakukan perekaman data saat berbelok sehingga efisien waktu dan biaya, perekaman data dapat dilakukan terus-menerus dan dapat menghasilkan data baku yang langsung dapat diproses lebih lanjut.

Sejak pelayaran perdana pada akhir 2016, Elsa Regent telah melakukan banyak survei seismik marine di berbagai blok di Indonesia maupun luar negeri, dengan klien yang berasal baik dari dalam dan juga luar negeri. Sebelumnya Elnusa telah merampungkan pula survei seismik di Semenanjung IndoCina dan NSO.

Dalam survei seismik laut Elnusa tak hanya memiliki Elsa Regent, melainkan ocean bottom nodes (nodal) yang merupakan teknologi survei seismik yang mampu menangkap jenis gelombang seismik dari berbagai arah. Penambahan teknologi ini adalah untuk melengkapi kapabilitas Elnusa dalam jasa akuisisi data seismik baik di darat, zona transisi maupun laut, sesuai kebutuhan data yang diperlukan.

Di usia Elnusa yang sudah matang ini, Elnusa semakin percaya diri untuk memberikan kontribusi terbaik dalam mendukung kapasitas nasional dengan selalu memberikan layanan jasa energi melalui Total Solution Services.*

Kembali Ke Berita