EN / ID
16 April 2013

RUPST & RUPSLB ELNUSA: Sukses dengan Program Turnaround, Elnusa Bagikan Dividen Rp12,7 miliar

PT Elnusa Tbk. (kode emiten: ELSA), salah satu perusahaan nasional penyedia jasa energi, pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2012 melaporkan kinerja Perseroan yang  gemilang melalui Program Turnaround-nya kepada para pemegang saham. RUPS tahunan kali ini juga dilanjutkan dengan RUPS Luar Biasa untuk perubahan anggaran dasar Perseroan termasuk mengenai perubahan kegiatan usaha. Perubahan/penambahan kegiatan usaha tersebut merupakan rangkaian strategic action dari perubahan visi Perseroan untuk masuk kedalam sektor jasa energi.

Melalui  program Turnaround yang dilakukan Perseroan sejak pertengahan  tahun 2012 manajemen terbukti mampu memperbaiki performa perusahaan dari sisi struktur biaya, struktur pendanaan modal bisnis, budaya perusahaan dan intervensi bisnis. Dari sisi pencapaian kinerja keuangan, berbagai perbaikan yang telah dilakukan tersebut menghasilkan beberapa pencapaian diantaranya peningkatan pendapatan core business dijasa hulu migas yang tinggi (39,4%), penurunan Beban Pokok Pendapatan terhadap Pendapatan dari 94,0% menjadi 88,5%, peningkatan Laba Bersih dari sebelumnya negatif Rp43 miliar menjadi Rp128 miliar dan peningkatan arus kas operasi sebesar 57,8% dari Rp340 miliar menjadi Rp537 miliar.

Gemilangnya kinerja Perseroan pada 2012 ini Perseroan mendorong manajemen untuk membagikan Laba Bersih Perseroan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen, setelah sebelumnya pada tahun 2011 Perseroan tidak membagikan dividen karena kinerja Perseroan yang negatif. Tahun ini RUPS menyetujui pembagian dividen sebesar 10% dari Laba Bersih Perseroan atau senilai Rp 1,77 per lembar saham, yang rencananya akan dibagikan pada bulan Juni 2013. Besaran dividen tersebut telah mempertimbangkan rencana Perseroan untuk ekspansi bisnis ke jasa energi yang pastinya membutuhkan pendanaan yang cukup banyak, oleh karena itu Perseroan mengalokasikan Retained Earning untuk pengembangan usaha tersebut.

Diharapkan dengan pembagian Laba Bersih tersebut Perseroan mendapatkan dukungan penuh dari para pemegang saham dan keyakinan pemegang saham terhadap perbaikan dan kinerja Perseroan meningkat.

Dalam RUPS Tahunan tersebut juga diputuskan susunan Dewan Komisaris, yaitu pergantian dua Komisaris Independen yang sebelumnya dijabat oleh Erry Firmansyah dan Surat Indrijarso, digantikan oleh Tri Siwindono Umar Santosa dan Pradana Ramadhian. Perseroan memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi Komisaris yang telah selesai masa baktinya dan berharap dengan susunan dewan komisaris yang baru dapat mendukung kinerja Perseroan yang lebih baik lagi.

Back to News