EN / ID
12 November 2015

PT Elnusa Tbk Gandeng PT GE Oil & Gas Indonesia Kembangkan Bisnis Artificial Lift di Indonesia

Bertempat di Graha Elnusa Jakarta, PT Elnusa Tbk (ELNUSA), salah satu  perusahaan nasional terkemuka penyedia jasa energi terpadu, melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT GE Oil & Gas Indonesia (GE) dalam hal pengembangan bisnis artificial lift di Indonesia. Tujuan  kerjasama  ini adalah untuk meningkatkan secara bertahap kapasitas dan kompetensi  nasional  di  bidang  jasa  hulu  migas  terutama  terkait  peralatan  dan  jasa  electrical submersible  pump  (ESP)  maupun  penunjangnya.  Secara  tidak  langsung,  hal  ini  akan  menjamin keberlangsungan produksi migas nasional dengan kemandirian  dalam penyediaan peralatan dan jasa tersebut.

“Kerjasama ini adalah salah satu perwujudan dari strategi pengembangan bisnis Elnusa ke depan dalam mengantisipasi gejolak industri migas yang makin kompetitif, sekaligus mendukung program pemerintah dalam  meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia nasional dan kandungan lokal dalam  peralatan  jasa  migas.  Bersama  dengan  GE  yang  merupakan  perusahaan  berkelas  dunia, Elnusa berkomitmen mengupayakan  peningkatan kompetensi dan kandungan lokal peralatan ESP tersebut  akan  mencapai  lebih  dari  dari  50%   dalam  kurun  waktu  4  tahun  ke  depan,”  ujar Syamsurizal, Direktur Utama PT Elnusa Tbk.

Dalam kerjasama ini Elnusa akan berperan sebagai penyedia jasa terintegrasi ESP dan melalui anak perusahaan   yaitu  PT  Elnusa Fabrikasi  Konstruksi,  akan  mendukung  dalam  hal  fabrikasi  dan pemeliharaan peralatan ESP tersebut, di bawah supervisi dan pengawasan quality control oleh ahli- ahli GE.

Sementara  itu  peran  dari  GE  adalah sebagai  penyedia  teknologi  dan  knowledge  center  ESP  di Indonesia. President Director PT GE Oil & Gas Indonesia, Iwan Chandra, mengatakan,”Komitmen kerjasama dengan  Elnusa  sebagai perusahaan aset nasional dan salah satu penyedia jasa migas terpadu  terbesar  di  Tanah  Air   ini,  adalah  sebuah  pengakuan  dan  kesempatan  yang  harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kedua belah  pihak  seiring dengan tantangan dunia migas ke depan yang makin berat baik di tingkat lokal, regional maupun global”.

GE memiliki teknologi ESP yang dapat membantu  meningkatkan produksi minyak di Indonesia. Dengan menggunakan  teknologi mutakhir, minyak  yang  sebelumnya  sulit  untuk  diproduksi dikarenakan lingkungan yang menantang seperti high gas, heavy oil, high temperature dan abrasive kini dapat diproduksi dengan  teknologi  dari GE ESP. Selain itu, GE ESP juga dapat meningkatkan efisiensi dalam usaha produksi. Dengan  menggabungkan Field Vantage and PLUS ESP, kini para pengguna  ESP  dapat  mengoperasikan  ESP  yang  jauh   reliable  dan  juga  cerdas  karena  dapat memberikan prediksi kesalahan kemudian dan optimimalisasi secara real time.

Melalui kesepahaman ini tidak ada batasan mengenai waktu kerjasama, kedua belah pihak telah saling percaya  dan mengakui kompetensi, keunggulan dan kelebihan masing-masing pihak untuk disinergikan yang diharapkan dapat menangkap peluang bisnis ESP di pasar dalam negeri  dari grup perusahaan migas nasional dan KKKS lainnya.***

Kembali Ke Berita