EN / ID
04 March 2013

PENCAPAIAN KINERJA 2012: ELNUSA Bukukan Lonjakan Laba Bersih sebesar 399%

PT Elnusa Tbk. (kode emiten: ELSA), salah satu perusahaan nasional penyedia jasa energi, pada akhir 2012 membukukan laba bersih sebesar Rp128 miliar atau melonjak 399% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang merugi hingga Rp43 miliar. Peningkatan laba bersih ini didorong oleh kinerja operasional dan berbagai langkah perbaikan yang dilakukan Manajemen serta seluruh karyawan Elnusa.

Dalam Miliar Rupiah, kecuali Laba Bersih per Saham Dasar

Pada 2012, kinerja Elnusa antara lain fokus pada peningkatkan laba Perseroan. Oleh karena itu meski peningkatan pendapatan hanya sebesar 1%, tapi mampu mendongkrak laba yang sangat signifikan. Perbaikan struktur biaya, customer selection dan project management yang ketat mampu menekan turun porsi beban pokok penjualan terhadap pendapatan usaha dari sebelumnya berada di level 94% menjadi 88% pada tahun ini. Hal ini berdampak signifikan dalam lonjakan marjin laba kotor dari sebelumnya pada level 6% menjadi 12%, marjin laba usaha dari sebelumnya negatif 0,5% menjadi positif 5% dan marjin laba bersih yang naik dari sebelumnya negatif 1% menjadi positif 3 persen.

Peningkatan kualitas kinerja perseroan juga ter-refleksikan pada kualitas arus kas bersih dari aktivitas operasi yang meningkat cukup signifikan dari sebelumnya Rp340 miliar pada 2011 menjadi Rp537 miliar pada 2012, atau tumbuh 58% sebagai implikasi cost management, customer selection, dan improvement collection.

“Kami yakin dengan turnaround program yang telah dilakukan, kami dapat menjaga stabilitas kinerja yang positif ini ke depan”, ujar Sri Purwanto, Head of Corporate Communications Elnusa. Dalam rangka kesinambungan kinerja yang telah positif dan tumbuh tinggi ini serta menjawab tantangan bisnis ke depan, pada akhir tahun 2012 lalu Elnusa juga telah menyatakan pengembangan bisnisnya dari semula hanya di jasa hulu migas menjadi jasa energi. Selain itu, peningkatan kompetensi sumber daya manusia juga menjadi prioritas utama manajeman Elnusa. Komitmen tersebut terlihat dari dicanangkannya tahun 2013 ini sebagai “Year of Human Resources” disertai upaya masif internalisasi dan implementasi tiga nilai pokok Elnusa (core values): clean, respectful, dan synergy. ***

Kembali Ke Berita