EN / ID
Manajemen Rantai Persediaan

Pemasok Sumber Daya

Dalam rangka menjaga kinerja operasionalnya, PT Elnusa Tbk memberikan perhatian besar kepada seluruh Mitra Kerja, baik pemasok / vendor dan partner agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung seluruh kegiatan operasional Elnusa.

Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan supply chain dalam mendukung operasional proyek, diperlukan pemilihan dan evaluasi kinerja penyedia barang dan jasa. Hal ini melatarbelakangi Elnusa menerapkan metode seleksi penyedia barang dan jasa (pemasok) yang strategis melalui Vendor Management System untuk menciptakan hubungan kerja yang berkelanjutan.

Elnusa hadir melalui layanan Supply Chain Management yang mencakup kegiatan Procurement Services dan Logistics Services bagi para pelaku industri sebagai upaya untuk memperoleh barang atau jasa yang merupakan bagian dari rantai suplai sistem operasional tertentu di lingkup PT Elnusa Tbk.

Kegiatan Procurement Services memberi layanan pengadaan dengan Service Level Agreement yang terukur menggunakan Sistem Source to Pay (S2P) yang terintegrasi dan paperless bernama SCM Online. Secara khusus procurement memiliki peran dalam proses memberikan penghematan yang lebih besar melalui :

  • peningkatan visibilitas pengadaan,
  • memperkuat kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan,
  • mendorong kolaborasi dan tingkat kepercayaan dengan mitra kerja,
  • memilih dan mengimplentasikan teknologi yang sesuai,
  • negosiasi harga dengan lebih baik dan
  • forecasting yang lebih akurat.

Kegiatan Logistics Services secara khusus memiliki peran sebagai bagian dari supply chain management yang merencanakan, mengimplementasikan, dan mengendalikan aliran dan penyimpanan barang dengan efektif dan efisien sejak dari titik asal sampai dengan titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kompleksitas kegiatan logistik dimodelkan, dianalisis, divisualisasikan, dan dioptimalkan dengan penggunaan aplikasi Warehouse Management System (WMS) yang didevelop menggunakan kompetensi IT internal dan penggunaan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) software. Kegiatan logistics yang dilakukan termasuk diantaranya adalah :

  • pengelolaan jasa transportasi baik itu ekspor-impor dan pengurusan custom clearance,
  • jasa transportasi (mob/ demob) lokal.
  • Pengelolaan persediaan mulai dari :
  • pengelolaan master data material,
  • pengelolaan permintaan, penerimaan, penyimpanan, dan pengeluaran barang.
  • Dan pengelolaan warehouse mulai dari standarisasi spesifikasi, optimalisasi layout dan fasilitas warehouse, kepatuhan terhadap peraturan pemerintah, dan memberikan jaminan kesehatan dan keamanan untuk personil yang bekerja didalamnya.

Beberapa inovasi telah dilakukan untuk mendukung Supply Chain Excellence selain SCM Online yang paperless, Procurement Elnusa juga melakukan pengadaan strategic dengan mitra kerja utama dengan penerapan Blanket Order/ Outline Agreement/ Kontrak Jangka Panjang untuk barang dan jasa yang rutin. Selain itu, untuk meningkatkan SLA pengiriman barang tanpa membebani nilai inventory Perusahaan, Elnusa juga menerapkan sistem Vendor Managed Inventory (VMI), dimana Perusahaan menyediakan tempat di gudang bagi para mitra kerja untuk dapat mendekatkan stock persediaan mereka ke end user.

Untuk ketentuan umum yang berlaku di PT Elnusa Tbk silahkan download file berikut :

Rental General Terms and Conditions PT Elnusa Tbk

Rental General Terms and Conditions PT Elnusa Tbk.pdf
364,96KB

Materials/Goods and Services General terms and conditions PT Elnusa Tbk

Materials/Goods and Services General terms and conditions PT Elnusa Tbk.pdf
424,27KB