EN / ID
03 August 2015

Kinerja Semester I 2015: ELNUSA Optimistis Marjin Laba Bersih Terjaga

Jakarta,  31 Juli 2015 – PT Elnusa Tbk. (“ELNUSA”), salah satu perusahaan nasional terkemuka penyedia jasa energi, melaporkan kinerja Perseroan Semester I 2015 dengan kinerja yang tetap optimis di tengah lesunya industri migas. Kelesuan industri yang ditengarai oleh penurunan harga minyak dunia berimbas pada pendapatan perusahaan jasa migas. Namun demikian, Perseroan masih mampu menjaga marjin laba bersih tanpa mengurangi kualitas deliverables kepada klien.

“Pencapaian semester I 2015 ini menunjukkan bahwa ditengah tekanan terhadap pendapatan usaha, Perseroan terus melakukan project dan financial management yang baik serta efisiensi di semua lini untuk mempertahankan kinerja, sehingga marjin laba bersih secara keseluruhan masih dapat terjaga terhadap marjin periode sebelumnya,” papar Budi Rahardjo, Direktur Keuangan PT ELNUSA Tbk.

Strategi ELNUSA dalam menjaga stabilitas marjin adalah dengan melakukan kontrol ketat pada beban pokok  pendapatan  terhadap pendapatan usaha. Upaya ini terbukti mampu menjaga persentase marjin laba kotor  dari 15,6% menjadi 16,4%, marjin EBITDA tumbuh dari 15,4% menjadi 16,9% dan tetap stabilnya marjin laba  usaha bila dibandingkan periode sebelumnya sebesar 9,5%.

Pada semester I 2015, laba bersih ELNUSA secara riil adalah sebesar Rp132,7 miliar. Laba bersih ini  lebih  tinggi  dibandingkan  laba  bersih  riil  periode sebelumnya  sebesar  Rp91 miliar yang ditambah laba atas penjualan aset sebesar Rp87 miliar. “Jika laba atas penjualan aset tersebut ditiadakan, laba bersih Perseroan tetap tumbuh sebesar 46,2%. Perolehan laba ini merupakan pencapaian yang sangat baik pada iklim industri seperti ini”, Ujar Budi.

Budi  menambahkan, “Hasil  kinerja  semester  ini merupakan  kerja  keras  terbaik  seluruh  lini Perseroan  dalam  meningkatkan  laba  bersih  pada  kondisi  industri  migas  yang  lesu.  Raihan kontrak-kontrak besar Survei Seismik di area Cirebon dan Langkat, serta proyek HWU-Snubbing di Kalimantan  diharapkan dapat meningkatkan kinerja Perseroan ke depannya.”

Kembali Ke Berita