EN / ID
22 April 2015

Kinerja Kuartal I 2015: Momentum Pertumbuhan Berlanjut, Laba Bersih Elnusa Tumbuh 20%

PT Elnusa Tbk (Elnusa), salah satu perusahaan nasional terkemuka penyedia  jasa   energi,  melaporkan  kinerja  Perseroan  kuartal  I  2015 dengan  hasil  yang menunjukkan pertumbuhan  berlanjut dari kinerja pada akhir 2014. Pada kuartal I 2015 ini, Perseroan melanjutkan momentumnya dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 20% menjadi senilai Rp 65 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kinerja positif ini terutama didukung oleh baiknya pertumbuhan di segmen jasa hulu yaitu Drilling & Oilfield Services serta Land Seismic Services yang tumbuh masing-masing sebesar 3% dan 2%. Sedangkan kinerja anak perusahaan terutama PT Elnusa Petrofin pada segmen jasa hilir migas juga membaik dengan tumbuh 2% pada kuartal I 2015 ini.

Laba kotor Perseroan juga menunjukkan nilai yang positif dengan pertumbuhan sebesar 7%, laba usaha  tumbuh  5% dan EBITDA Perseroan mampu meningkat sebesar 9% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Berkaitan dengan hal tersebut, Manajemen Elnusa  tetap  berkomitmen  menjaga  beban pokok pendapatan pada level yang wajar, di mana hal ini   menunjukkan  keseriusan Manajemen untuk terus melakukan efisiensi dalam operasinya tanpa mengurangi kualitas jasa yang diberikan kepada klien.  Perseroan tetap.

fokus  pada  pengembangan  bisnis  inti,  baik  dalam  aktivitas  investasi  beberapa  aset  guna memenuhi tuntutan bisnis dan operasional dengan tetap  memberikan marjin keuntungan yang lebih baik dan bisnis dapat terus tumbuh secara berkesinambungan.

Strategi Perseroan dalam menjaga kekuatan balance sheet serta ruang pendanaan yang cukup besar  guna   mendukung  rencana investasi  pada  tahun-tahun  mendatang,  tercermin  dari menurunnya hutang berbunga pada kuartal I 2015 ini sebesar 22% dari Rp540 miliar menjadi Rp420 miliar.

“Meskipun kondisi industri migas baik global maupun nasional kurang baik dan diprediksikan cenderung  tidak  stabil  sampai  akhir  tahun  ini,  namun  Elnusa  tetap  mampu  melanjutkan pertumbuhannya  dengan   kontribusi   positif  dari  bisnis  inti  perseroan.  Kami  tetap  yakin Perseroan dapat mencapai target-target yang  telah ditetapkan Manajemen,” ungkap Sabam Hutajulu, Direktur Keuangan Elnusa.

Harga saham ELSA di Bursa Efek Indonesia sepanjang 2015 ini masih terlihat sideways dan berkonsolidasi di level harga 520 – 685 per lembar saham.***

Kembali Ke Berita