EN / ID
29 October 2013

Kinerja ELNUSA Kuartal Ketiga 2013: Laba Bersih Naik 48% diiringi Pergerakan Harga Saham

PT Elnusa Tbk. (“ELNUSA”), salah satu perusahaan nasional terkemuka penyedia jasa energi, melaporkan kinerja Perseroan  Kuartal Ketiga 2013 dengan capaian yang mengesankan. Laba bersih Perseroan naik 48% dari Rp 79,5 miliar pada Kuartal Ketiga tahun lalu, menjadi Rp 117,8 miliar di periode yang sama tahun ini. Posisi total kas dan setara kas juga tumbuh 70% menjadi Rp 1,33 triliun dari Rp 785 miliar, di mana kas bersih yang dihasilkan dari aktivitas operasi meningkat sebesar 69% menjadi Rp 650 miliar. Harga saham Elnusa (kode emiten ‘ELSA’ di Bursa Efek Indonesia) bergerak positif (strong uptrend) hingga mencapai Rp305 per lembar saham pada penutupan 28 Oktober 2013 kemarin.

“Pencapaian kinerja kuartal ketiga Perseroan ini memberikan gambaran lebih jelas bagaimana kukuhnya komitmen dari Manajemen Elnusa untuk mencapai target Laba Bersih Rp 138 miliar tahun ini. Dengan Laba Bersih saat ini yang telah tercapai 85% dari target, kami sangat optimis target pada tahun ini dapat kami lampaui,” papar Nurkholis, Vice President of Corporate Finance ELNUSA.

Dengan kondisi total kas yang lebih baik, Perseroan juga telah melunasi seluruh kredit modal kerja sehingga saldo hutang bank Perseroan (Interest Bearing Debt) turun dari USD 124 juta pada bulan Juni 2011 menjadi USD 68 juta pada bulan kuartal ini. Hal tersebut berdampak pada penurunan financing cost sehingga Perseroan memiliki kapasitas yang tinggi untuk melakukan kegiatan pendanaan di masa datang dalam rangka mendukung pertumbuhan bisnis.

Data kinerja keuangan lainnya adalah gross profit margin yang meningkat dari 11% menjadi 14% pada periode kuartal ketiga tahun ini dengan net profit margin juga meningkat dari 2% menjadi 4%. “Penerapan selective customer dan selective project yang dikerjakan dengan fokus pada bisnis yang memiliki marjin tinggi dan ditunjang dengan implementasi operation excellence & financial management telah mendorong tumbuhnya kinerja Perseroan tahun ini,” ujar Nurkholis.

Seiring dengan semakin solidnya fundamental keuangan perusahaan, kinerja saham ELSA juga semakin menguat dengan apresiasi hingga 60% dari posisi awal Januari 2013 Rp 175 menjadi Rp 280 per lembar saham pada penutupan di akhir bulan September 2013 dan tercatat Rp 305 pada 28 Oktober 2013 kemarin. Kinerja saham ELSA ini justru bertolak belakang dengan kinerja IHSG yang relatif volatile dan kinerja indeks saham pertambangan yang cenderung menurun pada periode Januari hingga September 2013.

Nurkholis menambahkan, ”Kinerja finansial dan semakin menguatnya harga saham ELSA di bursa sekiranya dapat menjadi gambaran bahwa perbaikan fundamental bisnis Elnusa serta peningkatan kompetensi dan profesionalitas sumberdaya manusia yang dilakukan oleh Manajemen membuat performance Elnusa secara keseluruhan telah diapresiasi secara positif oleh para stakeholders, sehingga trust and confidence level publik akan prospek Elnusa di masa datang juga terus meningkat. Demi menjaga kepercayaan publik dan pemenuhan ketentuan OJK, Elnusa menjadwalkan akan melakukan paparan kinerja pada 28 November 2013 mendatang.”

Belum lama ini, bertepatan dengan ulang tahun ke-44 Elnusa pada 9 September 2013, Elnusa juga meluncurkan logo dan identitas baru perusahaan sebagai pertanda perubahan visi – misi dan tekad manajemen perusahaan dengan visi menjadi perusahaan terpercaya di bidang jasa energi. Selain peluncuran logo baru, ELNUSA juga meluncurkan ‘Elnusa Care’ (Tel. 500 545); ‘Elnusa Office Longue’; ‘Equipment is My Life; dan ‘Elnusa Project Monitoring System’”. Tahun 2013 telah ditetapkan Manajemen sebagai Tahun Sumberdaya Manusia Elnusa.*

Back to News