EN / ID
02 December 2013

ELNUSA Lampaui Target Laba Bersih 2013 dan Investasi 2014 Meningkat 365%

Jakarta, 28 November 2013 – PT ELNUSA Tbk (ELSA) optimistis dapat melampaui target laba bersih Rp138 miliar pada tahun ini dengan estimasi Rp160 miliar pada akhir tahun nanti. Hal ini dapat dilihat dari kinerja sampai kuartal ketiga tahun ini menunjukkan laba bersih Perseroan naik 48% dari Rp 79,5 miliar pada periode yang sama tahun lalu, menjadi Rp 117,8 miliar. Posisi total kas dan setara kas juga tumbuh 70% menjadi Rp 1,33 triliun dari Rp 785 miliar, dan kas bersih yang dihasilkan dari aktivitas operasi meningkat sebesar 69% menjadi Rp 650 miliar. Harga saham ELSA di Bursa Efek Indonesia juga bergerak positif (strong uptrend) hingga mencapai Rp320 per lembar saham pada penutupan 22 November 2013 dari semula Rp175 per lembar saham pada Januari 2013.

Untuk 2014, ELNUSA menargetkan laba bersih Rp185 miliar dengan proyeksi pendapatan sebesar Rp4,9 triliun. Tahun 2014 dicanangkan olen Manajemen ELNUSA sebagai Tahun Pengembangan (Year of Development) sebagai kelanjutan dari berhasilnya program Turnaround Perseroan dan penetapan tahun 2013 sebagai Tahun Sumberdaya Manusia.

Dalam rangka Tahun Pengembangan tersebut, dana investasi yang dibelanjakan pada 2014 sebesar Rp1,2 triliun – meningkat 365% dibanding investasi tahun ini sebesar Rp328 miliar. Total dana investasi yang dikucurkan dalam lima tahun ke depan sebesar 398 juta dolar AS – termasuk Rp1,2 triliun tersebut – yang akan digunakan untuk memperkuat bisnis inti Perseroan dan ekspansi ke layanan jasa energi dengan tingkat resiko bisnis rendah dan sedang.

Arah strategi pengembangan bisnis ELNUSA ke depan adalah ‘value creation & customer based expansion’ (dengan penguatan di bisnis drilling & oilfield services, akselerasi pengembangan kontrak jangka panjang, peningkatan kualitas dan profesionalisme SDM) dan ‘business development in energy services’ (dengan menyediakan jasa solusi berkualitas tinggi di sektor energi dan bisnis terkait, memastikan profit tumbuh berkesinambungan dengan pengelolaan resiko bisnis level rendah sampai menengah, dan menyiapkan mitra bisnis strategis di sektor jasa energi). Strategi bisnisnya adalah dengan fokus pada bisnis inti sebagai pendorong, meningkatkan recurring income, serta pendapatan perseroan yang berkesinambungan dalam jangka panjang. Strategi bisnis Perseroan ini diharapkan dapat membentuk ELNUSA menjadi mitra bisnis yang terpercaya dan menguntungkan dalam pembangunan sektor energi khususnya sebagai penyedia solusi total jasa energi nasional.

Beberapa bidang bisnis yang akan dimasuki ELNUSA adalah bisnis energi baru dan terbarukan, pembangkit tenaga listrik, dan jasa logistik marine support. Kesemua bisnis yang dimasuki dipilih yang memiliki resiko bisnis rendah hingga menengah. Untuk menjamin dan menjadi platform guna mendukung arah bisnis Perseroan ini, selain memiliki bisnis inti yang kuat, ELNUSA juga telah, sedang dan terus mengembangkan daya saing SDM-nya dengan peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan rekrutmen, mengoptimalkan organisasi perseroan, penerapan kultur baru perusahaan serta konsistensi revitalisasi corporate values Elnusa yaitu Clean, Respectful dan Synergy. Kompetensi, integritas, komitmen dan profesionalisme SDM ELNUSA adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis ELNUSA masa datang, sesuai dengan visi baru Perseroan sebagai “trusted energy services provider’.*

Back to News